Konstelasi Politik Pilgub Terus Berubah

Ketua Fraksi PPP Pindah Dukungan

Kamis, 12 Januari 2017 | 11:25
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Mendekati hari pencoblosan Pilgub DKI Jakarta, perubahan sikap dukungan politik masih terus terjadi. Seperti halnya Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta Maman Firmansyah, mengungkapkan keinginannya mendukung Pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sikap tersebut diungkapkan Maman berdasarkan suara dari arus bawah yang menjadi basis pendukungnya menginginkan Anies-Sandi dibandingkan cagub lainnya.

Hal itu diungkapkan Maman di sela-sela pertemuan tertutup di kantor Ketua DPD Gerindra DKI, Muhamad Taufik, di kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, kemarin.

Dia mengatakan, basis pendukungnya tersebar di daerah pemilihan (dapil) II Jakarta Utara yang meliputi, Kelapa Gading, Koja, Cilincing, dan Kepulauan Seribu. "Mereka siap bergerak. Tinggal menunggu arahan saja," ungkap Maman.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Muhamad Taufik mengaku senang dengan dukungan dari Ketua Fraksi PPP ini.

Menurut politisi Partai Gerindra itu, sudah tepat apabila Maman Firmansyah dan pendukungnya memberikan dukungan pada Anies-Sandi.

"Kami sangat senang. Semoga dukungan ini dapat memperkuat pasangan Anies-Sandi dalam kompetisi memperebutkan DKI Satu," tandas dia.

Seperti diketahui, dalam Pilgub DKI Jakarta 2017, PPP bersama sejumlah parpol koalisi memberikan dukungan kepada Pasangan Calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Kenyataannya, tidak semua kader yang duduk di DPRD DKI Jakarta mengikuti sikap partai berlambang kabah itu.

Sebelumnya, perubahan dukungan politik juga ditunjukkan sejumlah kader PDI Perjuangan di Jakarta. meskipun partai berlambang banteng moncong putih itu mengusung Pasangan Calon Ahok-Djarot, akan tetapi tidak bagi ratusan kader dan pengurus partai di Jakarta.

Seperti di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Sejumlah pengurus ranting dan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) PDIP menyatakan mundur dan memberikan dukungan kepada Pasangan Calon Anies-Sandi.

Pendirian yang kuat itu dilakukan para kader dan mantan pengurus PDIP lantaran tidak sepaham dengan sikap partai yang mengusung incumbent. Terlebih, Boy Sadikin yang telah mengundurkan diri dari jabatan ketua DPD PDIP DKI Jakarta telah memberikan dukungan kepada pasangan calon nomor 3.

Kondisi demikian menguatkan sikap para banteng di Jakarta untuk mengikuti jejak Boy Sadikin. Alhasil, sejumlah kandang banteng di wilayah Ibukota DKI Jakarta telah mengalami perubahan sikap politik dalam Pilgub DKI 2017. (wok)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%