Sikap Non Blok Demokrat Menguntungkan Anies-Sandi

Senin, 20 Maret 2017 | 12:05
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Sikap Partai Demokrat yang memilih menjadi penyeimbang alias non blok pada putaran kedua Pilgub Jakarta 2017 dinilai akan menguntungkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Karena pemilih Agus di putaran pertama mirip dengan (pemilih) Anies. Tentu Anies yang lebih diuntungkan," kata pengamat politik dari UIN Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, Senin (20/3).

Dia mengungkapkan, 17 persen suara yang diperoleh pasangan Agus-Sylvi di putaran pertama menginginkan figur pemimpin baru. 

"Jadi kenapa mirip, karena ketika mereka memilih Agus tentunya menginginkan pemimpin baru. Karena kalau ingin tetap yang lama, kenapa tidak memilih Ahok, begitu logikanya," ujarnya.

Selain sama-sama menginginkan pemimpin baru, alasan lain Anies diuntungkan dari keputusan nonblok partai yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu adalah pertimbangan primordial.

Menurutnya, pemilih Agus-Sylvi banyak pemilih sosiologisnya, yakni memilih berdasarkan preferensi agama, suku, etnis, dan kedaerahan. 

"Tentu dia (pemilih Agus) akan lebih banyak ke Anies. Dari sisi primordial lebih tinggi," ungkap Pangi.

Selain keputusan nonblok Demokrat yang menguntungkan Anies, Pangi juga menyebut alasan dua partai pengusung Agus-Sylvi yaitu PPP kubu Romahurmuzy dan PAN yang merapat ke pihak Anies.

"Kesamaannya Agus sama Anies, tentu secara partai, partai-partai ini PPP, PAN, PKB kemudian Demokrat, yang kemarin (di putaran pertama) mendukung Agus ya, kemungkinan lebih enaknya bergabung ke koalisi Anies-Sandi, terbukti PAN deklarasi kan, belum lagi partai-partai lain deklarasi, cuma PKB belum tahu saya," pungkasnya. (JPG)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%