Pilgub DKI

Netral di Putaran Kedua, Demokrat Dianggap Main Aman

Senin, 20 Maret 2017 | 12:06
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share

INDOPOS.CO.ID - Partai Demokrat dianggap sedang main aman lantaran memilih netral di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Begitu penilaian pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago, saat dihubungi, Senin (20/3).

"Di depan mata, di panggung depan, dia (Demokrat) lebih main aman. Artinya membebaskan kadernya kemana pun, dan ini menguntungkan kubu Demokrat, karena tetap solid, dan tidak terjadi pemecatan," kata Pangi.

Dijelaskan, dengan sikap itu, kader Demokrat secara pribadi bebas menentukan pilihan mereka untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau Anies Baswedan, tanpa takut adanya pemecatan.

Karena biasanya, jika ada kader yang memutuskan mendukung calon yang berbeda dan bersebrangan dengan pendapat partai, maka terjadi pemecatan.

"Nah, sekarang Demokrat aman, artinya diberi kebebasan kepada kadernya. Mau ke Ahok monggo (silakan), ke Anies monggo, jadi partai gak terganggu," tukasnya.

Diketahui, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kalah di putaran pertama Pilkada DKI 15 Februari. Pasca kekalahan itu, AHY memberi kebebasan kepada pendukungnya untuk menentukan sendiri siapa calon yang akan dipilih di Pilkada DKI putaran kedua 19 April nanti, sesuai hati nurani masing-masing.

"Saya dan Ibu Sylvi tidak punya otoritas apapun untuk mengomandoi orang per orang. Saya akan memberikan kembali kepada setiap warga Jakarta yang memiliki hak pilih untuk menggunakan hak konstitusinya dan tentunya dikembalikan kepada hati nurani masing-masing," ujar Agus di Jakarta, Rabu (15/3). (JPG)

Editor : Ali Rahman
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%