Siapkan Anggaran Pilkada 2018, 171 Daerah akan Dikumpulkan

Rabu, 17 Mei 2017 | 10:53
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Ilustrasi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - 171 pemerintah daerah (pemda) akan diundang Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam waktu dekat. Undangan itu terkait persiapan penyelenggaraan pilkada di daerah tersebut pada 2018 mendatang. Terutama mengkonsolidasikan kesiapan anggaran.

"Amanat UU (Pilkada) kan dibiayai oleh daerah. Nanti kita duduk bersama dengan KPU dan Bawaslu terkait kebutuhan," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Selasa malam (16/5).

Politikus senior PDIP itu menjelaskan, anggaran pilkada cukup besar dan memberatkan bagi daerah tertentu. Khususnya daerah dengan APBD yang minim. Untuk itu, harus dianggarkan secara cermat.

"Sekarang disisir dulu mana yang perlu dan mana yang tidak. Jangan sampai ada satu daerah yang terhambat dan keserentakan (pilkada)terganggu," imbuhnya.

Meski demikian, Tjahjo optimis pendanaan pilkada 2018 tidak akan bermasalah. Apalagi pemerintah sudah dua kali pengalaman menggelar pilkada serentak, yakni 2015 dan 2017. "Pengalaman sebelumya tidak ada masalah meskipun memang seret," tuturnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Pramono Ubaid berharap agar Kemendagri bisa mendorong pemda mempercepat proses penganggaran. Sebab, dari 171 daerah, baru dua daerah saja yang sudah menyetujui anggaran. Yakni Jawa Babat dan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. (far/JPK) 

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%